Home » » Tips Sederhana Perawatan Laptop

Tips Sederhana Perawatan Laptop

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 15.12

Berbagai macama merk dan tipe laptop saat ini tersebar di pasar Indonesia, baik merk lokal maupun merk luar. Namun, tidak ada jaminan bahwa perangkat laptop tersebut tidak mengalami kerusakan atau error. Nah, kali ini kita akan berbagi mengenai bagaimana cara aman dan sederhana untuk merawat agar laptop kesayangan kita tahan lama, awet dan kinerjanya tetap oke walaupun frekwensi penggunaan panjang. 

Untuk lebih jelasnya berikut kita akan bahas apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat sebuah laptop, diantaranya : 

Jangan terlalu banyak menginstall program-program ke dalam laptop anda, apalagi program yang tidak begitu penting dan jarang digunakan. Walaupun dengan teknologi processor saat ini yang dapat membuka berbagai macam program sekaligus, hal ini karena processor laptop sangat halus dan lembut dibandingkan dengan kinerja processor PC Dekstop. Sebaikanya install saja program sesuai kebutuhan, ini akan memberikan kinerja yang baik baik laptop anda.

Periksa proses yang sedang berjalan pada laptop Anda, cari tahu di google nama mereka apakah itu adalah suatu keharusan yang dibutuhkan atau satu yang tidak diinginkan. Jika itu adalah salah satu yang tidak diinginkan, pastikan Anda menghentikan proses program tersebut dan juga memastikan bahwa program tersebut tidak bisa aktif secara otomatis pada restart berikutnya. Misalnya, program webcam, musik, video dan lain sebagainya berbarengan dijalankan. Sebaikanya bukalah 1 atau 2 program saja agar kinerja laptop optimal dan tidak akan menguras cepat batere laptop anda.

Ini bukan dosa bagi yang ingin bermain game di laptop Anda. Namun memuat permainan yang kapasitasnya 30GB dan bermain sepanjang waktu dapat membahayakan kinerja bagian laptop Anda (prosesor, keyboard). Memuat game yang tidak sesuai dengan prosesor atau bermain game online. Alangkah baiknya bila bermain game apalagi game 3d dilakukan di PC dengan spesifikasi games juga.

Jangan pasangkan charger pada laptop sampai baterai laptop anda mengembung. Bayangkan laptop Anda seperti ponsel, ketika Anda menggunakannya, Pasanglah batre laptop anda pada saat akan bepergian tugas luar kantor, apabila anda kerja dikantor dan menggunakan laptop dari pagi sampai sore, sebaiknya copotlah batre laptop jika batre laptop anda sudah penuh, gunakan saja adaptor laptop menancap terus tanpa harus pasang batre agar batre awet.

Jangan menggunakan cairan yang tidak disarankan untuk membersihkan layar laptop Anda, layar laptop memiliki lapisan halus dan jika Anda menggunakan bahan kimia yang salah untuk membersihkannya, hal itu dapat merusak layar secara permanen. Gunakan kain kering untuk membersihkan layar laptop Anda, menjaga laptop Jangan meninggalkan makanan atau minuman berdekatan dengan laptop pada saat anda akan pergi keluar karena tanpa sepengetahuan kita bisa saja binatang piaraan anda, anak anda menyenggol makanan/minuman tadi dan tumpah di laptop. 

Tidak kalah pentingnya salah satu bagian laptop yang rentan rusak adalah Optical Disk Drive (dvdrw, dvdroom, cdrw, cdroom) kenapa? Karena biasanya pengguna laptop akan dengan sesuka hatinya menggunakan alat ini, biasanya untuk menonton film kesayangan, atau untuk menggunakannya untuk burning cd, dvd, mp3. Padahal proses kerja dvd tersebut sangatlah berat dan akan berefek pula pada pemborosan nyata pada batre. Jadi, sebaiknya kalo mau nonton di laptop tidak usah banyak-banyak cukup 1 film saja dan jangan terlalu sering biar tahan lama.

Gunakan cukup satu antivirus luar digandengan dengan antivirus lokal, jangan sekali-menggunakan dua buah antivirus luar berbarengan, hal ini justru akan menghambat kinerja laptop, misalnya dua antivirus tersebut akan crash dan membuat laptop jadi lambat. Dan jangan lupa update antivirus anda agar dapat mendeteksi virus-virus terbaru.

Jangan menggunakna laptop diatas permukaan yang lembek, misalnya diatas kasur, bantal. Karena bila ditaruh diatas permukaan yang lembek tidak datar maka akan menutupi lubang sirkulasi udara yang berfungsi mengeluarkan hawa panas dari dalam laptop keluar. Jika ini terjadi maka akibatnya akan fatal, misalnya body laptop akan panas, kinerjanya akan melambat, yang sering terjadi biasanya, chipset dan harddisk yang rusak karena panas yang tidak terbuang. 

Jangan menyimpan laptop dalam satu tas disatukan dengan perabotan lain, misalnya baju, sepatu, buku, ini akan berakibat terjadinya gesekan dan tekanan dikhawatirkan akan merusak body luar dan lcd akan retak jika tertindih dengan barang yang terlalu berat.

Mungkin itu dulu beberapa cara perawatan laptopnya, walaupun masih banyak sekali tips yang belum tersampaikan, mudah2an bisa jadi referensi buat anda semua. 

0 komentar:

Back to top